Anime tentang Perjuangan Seorang Guru yang Inspiratif

Anime tentang perjuangan seorang guru dapat dijadikan motivasi bagi para guru lainnya dan jadi penawar rindu orang yang rindu masa-masa di bangku sekolah. (Foto: Shueisha)
Risalahrakyat.com -- Kartun Jepang atau anime tentang perjuangan seorang guru nyatanya dapat menjadi penawar rindu bagi beberapa orang yang rindu masa-masa di bangku sekolah.
Selain itu, anime dengan plot cerita guru dengan pengabdian luar biasa dapat dijadikan motivasi bagi para guru di luar sana yang sedang mengalami masa kejenuhan mengajar.

Rekomendasi anime ini memiliki serangkaian cerita fresh yang dibumbui kisah haru guru, di tengah lawakan dan ceria para murid. Tak ayal, menonton anime jenis ini dapat membuat orang kembali tergugah untuk rajin belajar, terpingkal sejenak, atau bahkan dapat mengharu biru beberapa saat kemudian.

Berikut lima anime tentang perjuangan seorang guru yang dapat menjadi inspirasi bagi guru lainnya di luar sana dan juga para siswa.

Great Teacher Onizuka
Great Teacher OnizukaGreat Teacher Onizuka adalah anime tentang perjuangan guru muda yang mulanya merupakan anak geng motor 
Great Teacher Onizuka merupakan serial anime garapan kolaborasi dua sutradara Noriyuki Abe dan Horiyuki Ishido yang memiliki tokoh utama paling berkesan, Eikichi Onizuka. Seorang pemuda yang tergabung dalam geng motor dan berniat menjadi guru di sebuah sekolah yang cukup bergengsi Academy Holy Forest.

Niat Onizuka awalnya memang kurang baik, ia ingin menjadi guru agar setiap harinya dapat dikelilingi murid perempuan cantik. Namun, lamarannya ditolak karena resume yang ia miliki tak cukup bagus ditambah insiden buruk yang ia lakukan terhadap salah satu orang di bus, yang belakangan diketahui sebagai wakil kepala sekolah.

Saat sedang bersantai di kantin sekolah, Onizuka memilih curhat kepada ibu kepala kantin yang ternyata merupakan direktur sekolah. Mendengar resolusi dan pemikiran apik Onizuka terhadap dunia pendidikan, membuatnya diterima menjadi guru.

Petualangan Onizuka yang kocak dan inspiratif menjadikannya menjadi guru terbaik di mata para murid-muridnya. Teknik pengajaran yang digunakan Onizuka sangat cocok diterapkan kepada anak-anak pintar namun memiliki perangai yang nakal.

Ultimate Otaku Teacher
anime tentang perjuangan seorang guru garapan sutradara Masato Sato ini menceritakan seorang otaku, sebutan orang yang memiliki hobi fanatik terhadap manga atau anime sehingga sering menghabiskan waktu sendirian di kamar alias menjadi seorang introvert.

Kagami Junichiro merupakan otaku dengan predikat lulusan pendidikan Fisika yang tergolong pintar. Hal tersebut mendorong Suzune, saudari Junichiro untuk mendaftarkan kakaknya menjadi guru SMA.

Junichiro yang juga fanatik terhadap Fisika sebab ingin menciptakan pintu ke mana saja seperti manga favorit yang dibacanya akhirnya berhasil menjadi guru yang nyentrik.

Serial anime dengan total 25 episode ini mengisahkan perjuangan mengajar Junichiro dengan cara unik namun berhasil membuat murid-murid yang tadinya membenci pelajaran Fisika, menjadi lebih tertarik.

Gokusen
Sebuah cerita apik dari seorang penerus generasi Yakuza ke-4 yang bosan dengan kehidupannya dan memutuskan untuk mengajar di sebuah sekolah, Yamaguchi.

Yakuza merupakan klan mafia terbesar di Jepang yang memiliki nilai buruk di masyarakat. Yamagucho-sensei akhirnya diterima menjadi guru Matematika di Shirokin Academy.

Malangnya, ia mengajar kelas yang berisi siswa malas belajar dan berandalan. Ia pun mendapatkan penolakan dari para siswa yang memiliki mindset seorang guru yang hanya peduli terhadap kualitas sekolah, alih-alih serius dalam memberikan pendidikan kepada siswa.

Tak menyerah di situ, Yamaguchi-sensei sangat gigih dalam tujuannya untuk memberikan perubahan pada pola belajar siswanya. Melihat kegigihan Yamaguchi-sensei dalam mendidik, Sawada Shin yang merupakan siswa 3D yang dijadikan pemimpin oleh teman-temannya, mulai membuka hati dengan kehadiran wali kelasnya tersebut.

Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records
Serial anime tentang perjuangan seorang guru yang diustradarai oleh Minao Kazuto ini menceritakan seorang guru pemalas, Gleen Radars yang didapuk menjadi guru pengganti guru yang memiliki perangai baik sebelumnya.

Seorang siswi di Sekolah Sihir Kerajaan Imperial Alzano, Sistina Fibell merasa kesal dengan guru barunya yang tidak membawa dampak baik bagi pendidikannya. Ia menantang Glenn dan disanggupi, namun nyatanya Glenn dapat dikalahkan dengan mudahnya.

Namun saat sekolah tengah mendapat desakan luar biasa dan ancaman mengerikan, Glenn muncul dan membela mati-matian seluruh siswa dan sekolahnya.

Hanamaru Kindergarten
Serial anime yang ditayangkan sejak 11 Januari hingga 29 Maret 2010 silam ini memiliki alur menarik yang menceritakan perjuangan guru mengajar anak-anak TK. Anime ini menceritakan Tsuchida Naozumi seorang guru laki-laki baru di TK Hanamaru.

Pengalaman Naozumi diceritakan dengan apik--seorang lelaki yang kewalahan menangani anak kecil. Apalagi salah satu muridnya yang bernama Anzu berbeda dari anak kecil lain biasanya.

Ia seperti punya pemikiran terlalu dewasa untuk anak-anak, sehingga acapkali menggoda dan mengisengi Naozumi yang sering PDKT dengan ibu guru Yamamoto dari kelas sebelah.

Perjalanan Nazoumi beserta keluguan dan kelucuan siswanya membuat cerita ini semakin hidup dan menggemaskan.

Nah, kelima anime tentang perjuangan seorang guru tersebut dapat menjadi santapan penggemar anime yang merindukan suasana sekolah beserta seluruh lingkar pertemanannya.

Sumber: CNN Indonesia

Posting Komentar untuk "Anime tentang Perjuangan Seorang Guru yang Inspiratif"