Faedah Berkurban Di Hari Raya Idul Adha

Hewan kurban.
Risalahrakyat.com - Umat Islam tak lama lagi akan merayakan Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Di Hari Raya Itu, Muslim disunahkan berkurban dengan menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, maupun unta.

Anjuran berkurban itu termaktub dalam Alquran. Allah SWT berfirman:

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَۙ

Artinya: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS. Al Hajj: 34)

Dalam Tafsir Ibnu Katsir diterangkan berkaitan dengan ayat tersebut. Disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui sahabat Anas yang telah menceritakan: Didatangkan kepada Rasulullah Saw. dua ekor domba yang berbulu putih, berbelang hitam lagi bertanduk, lalu beliau menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kakinya pada lambung kedua domba itu (untuk menyembelihnya).

Imam Ahmad ibnu Hambal mengatakan para sahabat pernah bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan hewan-hewan kurban ini? Rasulullah Saw. menjawab: "Ini adalah sunnah bapak moyang kalian, yaitu Nabi Ibrahim.” Mereka bertanya, "Lalu apakah yang kami peroleh darinya?”

Rasulullah Saw. menjawab, "Pada setiap helai bulunya (yakni unta) terdapat satu pahala kebaikan.” Mereka bertanya, "Bagaimanakah dengan bulu (domba)nya?” Rasulullah Saw. menjawab, "Pada setiap helai bulu wolnya terdapat satu pahala kebaikan.”

Rasulullah SAW bersabda:

ما عمل ابن آدم يوم النحر من عمل أحب إلى الله تعالى من إراقه الدم، وإنها لتأتي يوم القيامة بقرونها وأظلافها، وإن الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع على الارض، فطيبوا بها نفسا

“ Tidak ada amal ibadah yang lebih dicintai Allah di hari Nahr daripada menumpahkan darah (Qurban). Dan kelak di hari kiamat akan datang beserta tanduk dan kuku-kukunya dan sesungguhnya darahnya di sisi Allah memiliki kedudukan sebelum jatuh di bumi. Maka ikhlaskanlah diri kalian “

Dalam Hadits lain Nabi Saw bersabda :

عظموا ضحاياكم، فإنها على الصراط مطاياكم

“ Besarkanlah hewan-hewan qurban kalian, karena sesungguhnya hewan itu akan menjadi tumpangan kalian di shirath “.

Dalam riwayat lain juga disebutkan keutamaan berkurban:

وعن علي رضي الله عنه من خرج الي بيته إلي شراءالاضحية كان له بكل خطوة عشرحسنات ومحي عنه عشرسيئات ورفع له عشردرجات وإذاتكلم في شرائهاكان لامه تسبيحاوإذانقدثمنهاكان له بكل درهم سبعمائة حسنة وإذاطرحهاعلي الارض يريدذبحهااستغفرله كل خلق من موضعهاالي الارض السابعة وإذااهرق دمهاخلق الله بكل قطرة من دمهاعشرة من الملائكة يستغفرون له إلي يوم القيامة وإذاقسم لحمهاكان له بكل لقمة مثل عتق رقبة من ولدإسمعيل عليه الصلاة والسلام(جواهرزداه)

Dari sayidina Ali karrromallahu wajhah berkata: siapa berangkat dari rumahnya hendak membeli hewan kurban maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkan 10 keburukannya serta dinaikan 10 derajatnya. Apabila berbicara di anggap bertasbih dan ketika membayarkan harga / uangnya setiap dirhamnya memperoleh 700 kebaikan dan ketika meletakan hewan itu di atas tanah untuk di sembelih maka Alloh menjadikan setiap tetes darahnya malaikat sejumlah 10 orang malaikat yang selalu beristigfar untuknya sampai kiamat. Dan waktu daging dibagikan maka setiap potongannya seperti memerdekakan seorang budak dari keturunan nabi Ismail.

Sumber: Tafsir Ibnu Katsir, Pustaka Ilmu Sunni-Salafiyah KTB, iNews

Posting Komentar untuk "Faedah Berkurban Di Hari Raya Idul Adha"