Kapal Perang AS Meledak, Mungkinkah Ada Kaitannya Dengan "China"

Foto: Pemadaman Kapal Perang Angkatan Laut AS yang Terbakar.

Jakarta, Risalah Rakyat - Kapal perang USS Bonhomme Richard di Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di San Diego meledak dan terbakar. Insiden yang terjadi pada Minggu (12/7/2020) itu setidaknya melukai 21 orang.

"Tujuh belas Pelaut dan empat warga sipil sedang dirawat karena cedera yang tidak mengancam jiwa di rumah sakit setempat," kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari CNN Internasional.
Letnan Commander Patricia Kreuzberger mengatakan para pelaut di USS Bonhomme Richard dan warga sipil yang mengalami luka ringan akibat kebakaran dan telah dilarikan ke rumah sakit. Setelah dirawat beberapa jam, keadaan para korban mulai stabil.

Sesaat setelah terjadinya ledakan dan kebakaran, Pasukan Angkatan Laut Pasifik AS melalui Twitter pada Minggu sore menuliskan jika semua kru segera keluar dan meninggalkan kapal.

Salah seorang petugas pemadam kebakaran San Diego (SDFD), Mónica Muñoz, mengatakan mereka sudah menembakkan tiga alarm di kapal pada Minggu pagi. Alarm mulai berbunyi pada pukul 9:00, 9:09, dan 9:51 pagi waktu setempat. Beberapa agensi berbeda juga dilaporkan ikut membantu memadamkan kobaran api.

Sedangkan Kepala Divisi Kebakaran Federal San Diego Rob Bondurant mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua kru pemadam kebakaran masih berada di atas kapal Minggu sore.

"Federal Fire memutar kru mereka di atas kapal dengan kru pemadam kebakaran Angkatan Laut AS dari tepi pantai untuk menemukan sumber api untuk memadamkannya," kata Bondurant. "Kapal Angkatan Laut lain juga terus memerangi api dari teluk."

Hingga kini belum jelas apa yang menjadi penyebab kebakaran kapal tersebut. Seorang pejabat pertahanan menyebut laporan awal menunjukkan kebakaran dimulai di dek sumur (the well deck). Dek sumur merupakan tempat keluar-masuknya kapal pendarat kecil dari perut kapal.

Pihak Angkatan Laut AS mengatakan ketika kebakaran terjadi, ada 160 awak kapal di dalamnya. USS Bonhomme Richard yang disebut kapal serbu amfibi dan memiliki seribu awak tersebut kini tengah menjalani perawatan. (sumber)

Posting Komentar untuk "Kapal Perang AS Meledak, Mungkinkah Ada Kaitannya Dengan "China""