7 Makanan Ini Bisa Bantu Bunda Tingkatkan Produksi ASI

Ilustrasi ibu & anak.
Risalahrakyat.com -- Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Oleh karena itu ibu mesti menjaga produksi ASI agar memenuhi kebutuhan buah hati. Sejumlah makanan dapat meningkatkan produksi ASI.
Pada enam bulan pertama, ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif yaitu pemberian ASI tanpa minuman atau makanan tambahan lain. Setelah enam bulan, pemberian ASI diiringi dengan makanan pendamping ASI hingga dua tahun atau lebih.

Laktasi dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah makanan. Karena itu, konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

Berikut makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI.

1. Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh, baik untuk ibu menyusui. Biji-bijian utuh ini dapat memicu hormon yang dapat meningkatkan produksi ASI. Beberapa jenis biji-bijian utuh yang dapat dikonsumsi adalah oatmeal dan beras merah.

2. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau seperti selada, kangkung, bayam, dan brokoli juga baik untuk laktasi. Sayuran berdaun hijau mengandung fitoestrogen yang terbukti memiliki efek positif pada produksi ASI.

3. Bawang putih
Bawang putih dapat membantu menghasilkan produksi ASI yang lebih banyak. Dikutip dari Very Well, studi menunjukkan ASI dengan rasa bawang putih dapat membantu bayi menyusui lebih lama dan membuat produksi ASI meningkat.

Tambahkan bawang putih sebagai bumbu dalam makanan saat menyusui.

4. Biji wijen
Biji wijen tinggi akan kalsium. Selain itu, biji wijen juga memiliki sifat yang dapat membantu meningkatkan estrogen sekaligus meningkatkan produksi ASI. Untuk mendapatkan khasiatnya, biji wijen bisa dimakan langsung ataupun ditaburkan dalam makanan.

5. Almond
Kacang-kacangan, terutama almond mengandung protein dan kalsium tinggi. Nutrisi ini baik bagi laktasi. Almond dapat dimakan secara langsung atau mengolahnya menjadi susu almond.

6. Jahe segar
Jahe segar dapat meningkatkan suplai ASI pada ibu menyusui. Jahe dapat ditambahkan sebagai bumbu dalam makanan dan juga diolah menjadi minuman.

7. Labu
Dikutip dari Health Line, studi menunjukkan konsumsi labu dapat menambah produksi ASI. Labu kaya akan vitamin dan mineral yang dapat memicu produksi ASI.

Selain makanan di atas, pastikan pula ibu menyusui mengonsumsi makanan yang seimbang karena bayi membutuhkan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, produksi ASI juga dipengaruhi oleh kesehatan, stres, dan obat-obatan.

Sumber: CNN Indonesia

Posting Komentar untuk "7 Makanan Ini Bisa Bantu Bunda Tingkatkan Produksi ASI"