Terntang Toner: Jenis, Manfaat hingga Penggunaannya

Ilustrasi.
Risalahrakyat.com -- Sebenarnya toner bukan 'pemain baru' dalam dunia perawatan kulit. Toner versi dulu mengandung tinggi alkohol yang membuat kulit kering dan kaku secara instan. Sekarang, toner kembali hadir dengan beragam jenis sesuai kebutuhan.
Popularitas toner tidak bisa lepas dari 10 langkah perawatan kulit ala Korea.

Tapi meski tidak menganut perawatan kulit ala Korea, toner masih layak Anda masukkan dalam perawatan rutin wajah. Mengapa demikian?

Toner pada dasarnya jadi langkah setelah cuci muka dan sebelum menggunakan produk perawatan wajah. Seorang Dermatolog di Washington DC, Rebecca Kazin bercerita bahwa toner dulu digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit setelah menggunakan sabun dengan kandungan alkali. Namun produk pembersih wajah kini sudah memiliki kandungan pH lebih seimbang dan lembut.

Toner pun mengalami evolusi.

"Pada prosesnya toner berubah dari sekadar produk penyegar. Sekarang ada lebih banyak toner yang memberikan manfaat berbeda," imbuh Kazin mengutip dari Women's Health Magazine.

Apa saja manfaat toner?
Toner menyiapkan kulit sebelum pemakaian serum dan pelembap. Toner membersihkan sisa minyak dan kotoran setelah mencuci muka. Namun Anda tidak bisa menggantikan aktivitas cuci muka dengan penggunaan toner.

Tak sekadar menyiapkan dan memastikan kebersihan kulit, toner masa kini dilengkapi dengan manfaat lain. Bahkan toner pun tersedia sesuai kondisi kulit. "Toner dengan kombinasi glikolik dan asam salisilat bisa menjaga kulit berminyak terlihat 'matte' sepanjang hari," ujar Estee Williams, dermatolog di NYC.

Bagaimana cara menggunakan toner?
Anda cukup menggunakan kapas untuk mengaplikasikan toner. Sebaiknya toner digunakan pada pagi dan malam. Namun jika kulit kering atau iritasi, coba kurangi pemakaian jadi sekali sehari pagi atau malam.

Apa jenis toner yang direkomendasikan?
Christine Choi Kim, dermatolog di The Body Shop menyarankan pemilihan toner sesuai dengan kebutuhan. Cek kondisi kulit Anda dan berikut bahan-bahan toner yang disarankan.

1. Rosewater untuk hidrasi.

2. Chamomile untuk menenangkan kulit.

3. Tea tree oil untuk melawan minyak berlebih dan bakteri.

4. Aloe vera untuk menenangkan peradangan dan kemerahan.

5. Vitamin E untuk hidrasi.

6. Sel punca tumbuhan untuk antioksidan dan anti-penuaan.

Posting Komentar untuk "Terntang Toner: Jenis, Manfaat hingga Penggunaannya"